Cara Membuat Landing Page Di Blogspot Gratis Dan Mudah

Cara membuat landing page di Blogspot gratis adalah cara untuk kalian yang ingin memulai berbisnis online namun terhalang dana.
Cara Membuat Landing Page Di Blogspot

Cara Membuat Landing Page Di Blogspot Gratis Dan Mudah - Bagi kalian yang ingin memulai berbisnis online tentu membutuhkan landing page sebagai mediasi iklan ataupun situs penjualan kalian. Dengan landing page ini juga kalian bisa menambah omset kalian hingga 15%.

Namun, untuk kalian yang tidak memiliki pengetahuan seputar dunia website, pasti akan berfikir sulit untuk membuat landing page. Padahal dengan produk dari Google yang gratis ini, kalian bisa membuat landing page dengan mudah dan gratis.

Agar kalian tidak bingung, pada artikel ini kami akan memberikan cara membuat landing page di blogspot gratis dan mudah. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut!

Tentang Landing Page

Landing page adalah salah satu halaman dari website yang dibuat khusus untuk tujuan digital marketing atau pemasaran secara digital.

Landing page yang adalah halaman web yang hanya terfokus pada konversi bisa berupa penjualan ataupun aksi lainnya. Jadi landing page ini bukanlah halaman utama dari sebuah website.

Karena website yang terstruktur terdiri dari beberapa link yang saling terhubung semisal ke halaman home, produk, kontak, tentang dan lainnya. sedangkan landing page tidak memiliki itu semua. Landing page biasanya terdiri dari tombol konversi dan hanya informasi dari barang yang akan dijual.

Kami tidak akan membahas lebih jauh tentang landing page ini, jika kalian ingin mengetahui lebih jelas tentang landing page kalian bisa membaca "Apa Itu Landing Page? Dan Apa Ciri Ciri Landing Page?".

Bentuk Landing Page Yang Baik

Jika kallian beriklan, pasti kalian harus membayar biaya iklan itu bukan? Jika kalian arahkan pelanggan kalian ke home page di website, itu terjadi maka calon pelanggan bisa beralih perhatiannya ke yang menu yang lain, sehingga memperkecil terjadinya konversi. Ini tentu akan merugikan kalian dari segi biaya iklan.

Untuk itu kalian harus membuat halaman landing page yang baik. Agar tidak salah perhatikan berntuk dari landing page yang baik.

Headline Sesuai Iklan

Pastikan headline yang anda cantumkan sesusai dengan isi dari iklan. Ini agar saat pelanggan kalian mengklik iklan, mereka mendapatkan apa yang dicantumkan dalam iklan. Jangan sampai pelanggan kalian tidak mendapatkan apa yang menjadi headline di iklan kalian.

Masukan Gambar Utama Yang Menarik

Masukan foto utama yang menarik dan mewakili produk anda. Usahakan foto ini benar-benar terlihat jernih dan menarik, sehingga saat pelanggan melihatnya ada keinginan untuk mencobanya.

Letakan Tombol Call To Action Di Bagian Yang Terlihat Pertama Kali

Bagian yang pertama kali dilihat atau biasa disebut dengan Above The Fold, merupakan bagian yang sangat penting. Jadi pastikan informasi ini berisi Headline, Gambar Utama dan juga tombol Call To Action. Sehingga saat pelanggan sudah tertarik dengan headline dan gambar utama, mereka tidak perlu skrol kebawah untuk mencari tombolnya.

Arahkan Mata Ke Konten Dan Tombol Yang Penting

Jika terdapat sebuah konten yang dirasa sangat perlu pelangan mengetahuinya, seperti penjelasan barang atau kelebihan dari barang yang kalian jual atau lainnya. Pastikan kalian paksa pelanggan untuk melihatnya, seperti menambahkan tanda panah berwarna merah.

Dengan panah yang berwarna merah ini, kita dipaksa untuk melihat kearah panah tersebut dan warna panah itu menyimbolkan pemberitahuan.

Pada bagian ini, kalian bisa sisipkan juga tombol Call To Action, jadi saat pelanggan sudah mulai tertarik dengan barang kalian, mereka bisa mengklik tombol tersebut dengan mudah, tanpa harus menscroll kebawah.

Tunjukan Produk Dalam Sebuah Action

Jika kalian bisa menunjukan sebuah produk dalam sebuat action tentu itu akan lebih menarik perhatian bukan. Sebagai contoh kacamata anti radiasi, jika kalian biasa menunjukan keaslian dari kacama anti radiasi itu, pasti pelanggan akan melihatnya dan tertarik untuk membeli.

Gunakan Bahasa Yang Mudah Di Mengerti

Bayangkan pelanggan kalian dari segala usia dan dari latar kepribadian yang berbeda. Jadi gunakan bahasa yang mereka pahami dengan mudah, bahkan jika bisa gunakan bahasa yang tidak membuat mereka berfikir untuk memahaminya.

Hilangkan Menu Navigasi

Seperti yang kami jelaskan diawal, tujuan utama landing page adalah untuk memperoleh Konversi atau action. Jadi hilangkan semua menu navigasi pada halaman landing page kalian. Karena menu navigasi akan membuat fokus pelanggan kalian tidak terarah pada konversi yang kalian targetkan.

Berikan Testimoni

Testimoni dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kalian. Jadi pastikan testimoni tersidia dalam halaman Landing Page Kalian.

Tampilan Yang Fleksibel dan Mobile Friendly

KIta tidak akan tau pelanggan kita akan membuka halaman landing page dengan perangkat seperti apa. Jadi pastikan tampilan landing page kalian bisa dibuka dengan berbagai macam perangkat. Sehingga tidak merusak penampilan awalnya.

Cara Membuat Landing Page Di Blogspot

Cara Membuat Landing Page Di Blogspot

Jika kalian sudah memahami apa itu landing page dan bentuk landing page yang baik. Sekarang saatnya kalian mulai membuatnya. Kami memilih blogger karena dengan menggunakan blogspot, kalian tidak perlu mempelajari lagi kode wensite seperti HTML, PHP, XML dan lain sebagainya.

Kami tidak akan membahas panjang lebar terkait blogger pada artikel ini, kalian bisa membaca "Blogger.com Adalah Situs Untuk Membuat? Temukan Jawabannya", jika ingin mengetahui platfrom CMS ini.

Selain itu, layanan ini gratis. Kalian tidak perlu membayar hosting atau penyimpanan untuk website atau landing page kalian lagi. Berikut tahapannya:

Buatlah Akun Gmail

Gmail menjadi syarat wajib untuk kalian yang ingin menggunakan platfrom dari google. Sedangkan Blogger merupakan platfrom CMS dari Google, jadi kalian membutuhkan akun gmail untuk menggunakan platfrom ini.

Kami tidak akan membahas lebih dalam tentang pembuatan Gmail diartikel ini. Kalian bisa membaca pada artikel "Perbedaan Akun Gmail Bisnis Dan Pribadi Serta Cara Membuatnya".

Mendaftar Ke Blogger

Setelah kalian berhasil membuat akun gmail. Langkah selanjutnya adalah membuat akun blogger baru. Caranya adalah:

  1. Buka halaman blogger di https://www.blogger.com.
  2. Lalu klik "BUAT BLOG ANDA".
  3. Setelah itu, kalian akan diminta untuk log in ke akun gmail. Masukan email kalian, lalu klik berikutnya. Lalu masukan password dan klik berikutnya.
  4. Jika kalian sudah log in, maka kalian akan diarahkan kehalaman pembuatan blog. Kalian diminta untuk memasukan nama untuk blog kalian. Setelah kalian memasukan judul dari blog, maka klik "BERIKUTNYA".
  5. Selanjutnya kalian akan diminta untuk memasukan link URL sub domain dari blog kalian. Terkadang pada bagian ini, sering kali url blog tidak tersedia. Kalian bisa menambahkan angka atau karakter strip (-). Jika kalian sudah mendapat nama yang pas, lalu klik "BERIKUTNYA".
  6. Selanjutnya kalian akan diminta untuk memasukan nama yang akan ditampilkan diblog kalian. Setelah kalian memasukannya lalu klik "SELESAI".

Maka selesai sudah untuk mendaftarkan akun blog dan membuat blog baru.

Mengatur Dan Menyiapkan Blogger

Sebelum kita gunakan untuk membuat web blog, sebaiknya kita mulai terlebih dahulu mengatur bogger ini. Karena terkadang setelah kita memulai menulis artikel, kita lupa untuk menyiapkan pengaturan dari blog kita. Sehingga sering susah ditemukan google dan sebagainya. Untuk pengaturannya adalah sebagai berikut:

  1. Pada bagian sub menu Dasar, pilihlah Deskripsi. Isikan kolam deskripsi tentang blog kalian, dengan panjang karakter maksimal 500 kata. Kalian bisa isi dengan kata kunci utama maupun kata kunci turunan.
  2. Masih dibagian sub menu Dasar, kalian pilih favicon. Untuk sub menu ini, kalian siapkan gambar dengan ukuran 100px x 100px dengan format png dan dengan nama file gambar favicon. Ini bertujuan agar favicon kalian bisa berjalan. Setelah file gambar tersebut sudah ada, kalian bisa klik Choose File dan pilih file gambar, lalu klik Simpan.
  3. Lalu pergi ke sub menu Tag Meta. Kalian aktifkan "Aktifkan deskripsi penelusuran". Ini bertujuan agar artikel kalian memiliki deskripsi dari penelusuran.
  4. Setelah itu cari sub menu Crawler dan pengindeksan. Kalian aktifkan "Aktifkan robots.txt kostum". Lalu klik "robots.txt kostum". Masukan skrip:

    User-agent: *
    Allow: /
    Disallow:
     
    Sitemap: https://www.url-blog.blogspot.com/sitemap.xml

    Lalu aktifkan "Aktifkan tag header robot kostum". Lalu klik "Tag halaman beranda" aktifkan all dan noodp, lalu klik simpan. Setelah itu klik "Tag arsip dan halaman penelusuran" aktifkan noindex dan noodp, lalu klik simpan. Setelah itu klik "Tag postingan dan halaman" aktifkan all dan noodp, lalu klik simpan.
  5. Pergi ke sub menu Feed situs, klik "Izinkan feed blog" pilih pendek.
  6. Dan pengaturan terakhir, pilih sub judul Umum, lalu klik Profil pengguna. Isikan semua data yang diminta. Kami menekankan pada bagian sub menu Umum di Profil pengguna. Isikan url dari blog kalian pada kolom URL Beranda dan URL Wishlist. Karena ini akan menjadi backlink untuk blog kalian. Jika sudah klik Simpan Profil.

Maka selesai sudah pengaturan blog kalian.

Mengatur Tema Dan Tampilan

Pada bagian ini, kami tidak akan menjelaskan panjang-panjang. Karena pada dasarnya setiap kebutuhan blog berbeda-beda. Namun kami akan memberi tahu cara merubah tema dan mengatur tampilan dari blog kalian.

  • Untuk menganti atau merubah tema kalian pergi ke menu "Tema". Kalian bisa pilih tema yang tersedia, lalu klik terapkan.
  • Namun jika kalian sudah membeli tema premium atau ingin menganti tema gratis diluar tema yang disediakan. Kalian klik tanda panah kebawah yang berada disamping menu "Sesuaikan" dan pilih pulihkan.
  • Dan jika kalian ingin merubah tampilan melalui kode xml dan html, kalian bisa klik tanda panah kebawah dan pilih edit html. Jika sudah selesai maka klik simpan.
  • Untuk mengatur tampilan blog, pergi ke menu "Tata Letak". Kalian bisa menambah widget pada bagian blog, mengatur letak widget dan lain sebagainya.

Jika kalian tidak memiliki template yang bisa digunakan atau bingung ingin menggunakan template apa? Kalian bisa membaca "Template Landing Page Blogspot Gratis Yang Mudah Digunakan".

Menambah Postingan Blog

Setelah kalian selesai mengatur blog, tema serta tampilan blog, saatnya untuk mengisi blog kalian dengan artikel terkait barang kalian. Dalam blogger terdapat dua jenis entri artikel, yaitu halaman dan postingan. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Entri halaman difungsikan untuk menambah artikel yang bersifat tetap atau statik. Seperti Tentang Kami, Hubungi Kami, Disclaimer, Privacy Police dan lainnya.

Sedangkan untuk entri postingan dikhususkan untuk artikel yang bersifat berubah dan terupdate atau dinamic. Kalian bisa mengelompokan artikel ini dengan tag, kalian bisa menambah deskripsi penelusuran, mengatur tanggal posting dan lain sebagainya.

Kami sarankan untuk membuat landing page kalian pada postingan agar mudah untuk dirubah dan juga bisa terindex dengan baik di Google Search Engine.

Cara menambahnya sangat mudah. Untuk menambah postingan, kalian pergi ke menu "Postingan", lalu klik Postingan Baru dan jika sudah selesai kalian bisa klik Publikasikan.

...

Itulah cara membuat landing page yang SEO Online Terpecaya bisa berikan. Jika ada pertanyaan serta kritik dan saran, kalian bisa tulis dikolom komentar. Selamat mencoba dan terima kasih.

Halo, perkenalkan saya adalah Penulis SEO Online Terpercaya. Saya adalah seorang ahli dalam bidang SEO dan digital marketing dengan pengalaman yang luas. Dalam dunia yang terus berkembang dan kompeti…

Posting Komentar

© SEO Online Terpercaya. All rights reserved. Developed by Jago Desain