Cara Membuat Web Blog Yang Dapat Menghasilkan Uang

Cara membuat web blog yang dapat menghasilkan uang, mulai dari nol hingga kalian bisa mahir dalam mengelola blog.
Cara membuat Web Blog

Cara Membuat Web Blog Yang Dapat Menghasilkan Uang - Konten kreator artikel atau bisa disebut dengan bloger, saat ini bukan hanya untuk orang yang bisa coding saja. Kalian yang tidak mengerti tentang coding sama sekali juga bisa membuatnya dengan menggunakan CMS.

Namun bagimana membangun web blog yang bisa memberikan kalian penghasilan tambahan atau pasif income? Nah, pada artikel kali ini, kami akan mengajarkan bagimana mengelola web blog dan mengoptimasikannya hingga kalian bisa mendapatkan pasih income dari blog kalian. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Apa Itu Web Blog?

Sebelum kita membahas cara membuat web blog, baiknya kita pahami dahulu apa itu web blog, dan perbedaan web blog dengan sebuah website.

Website adalah sekumpulan halaman baik itu berbentuk informasi, marketpleace ataupun profil, yang saling terhubung dan berada dalam satu platfrom, dibuat secara perorangan, perkelompok ataupun organisasi. Sedangkan Web Blog adalah salah satu jenis dari sebuah website yang berisikan informasi. Kebanyakan web blog dianggap sama dengan website, ini karena bentuknya yang sama.

Ciri dari web blog adalah

  • Memiliki sifat dinamis. Ini karena web blog selalu diupdate secara berkala, baik itu setiap satu hari, atau satu minggu.
  • Isi dari konten berbentuk informasi umum, opini ataupun pengalama. Buntuk penulisannya pun menggunakan bahasa yang non formal dan mudah dipahami.
  • Bentuknya lebih interaktif sehingga terjalin interaksi dua arah dikolom komentar.

Sejarah Web Blog

Sebagai pengetahuan untuk kalian yang baru mulai terjun di dunia blog. Web blog pertama kali muncul berkat gagasan dari blogger.com, ditahun 1999. Karena berhasil mendapatkan kejayaannya, sehingga blogger.com ini diambil alih oleh Google ditahun 2003. Istilah blogger sendiri muncul ditahun 1997 oleh Jorn Barger.

Awal pengemembangannya, web blog diperuntukan hanya untuk media informasi berita saja. Karena seiringnya waktu, banyak pengguna internet yang mencari informasi didunia internet ini, web blog banyak diminati oleh pengguna internet yang senang berbagi informasi umum.

Semakin pesatnya dunia blog, menarik perhatin Matthew Charles Mullenweg, dan dia membuat platfrom CMS bernama WordPress pada tahun 2003.

Puncaknya dunia blog ini adalah ketika JhonChow.com dan ProBlogger.com yang menciptakan mesin pencetak uang otomatis, dengan bekerja sama dengan para pengiklan. Sampai saat ini web blog masih menjadi incaran para konten kreator untuk menghasilkan uang dari pengiklan.

Platfrom Gratis Untuk Membuat Web Blog

Banyak sekali platfrom gratis yang bisa kalian gunakan untuk membuat web blog. Berikut platfrom gratis yang bisa kalian gunakan untuk membuat web blog dengan mudah.

Blogger

Jenis CMS: Blogger

Blogger, seperti namanya. Blogger ini merupakan platfrom gratis dari Google dan dikhususkan untuk membuat blog. Jadi CMS ini sudah tidak diragukan lagi tentang fungsinya.

Jika dari segi penggunaannya, blogger termasuk CMS yang user friedly jadi kalian bisa dengan mudah menggunakan platfrom yang satu ini.

Yang menarik adalah hosting pada platfrom ini gratis. Kalian tidak perlu menyewa ruang penyimpanan hosting. Hanya perlu menyewa domain agar terlihat profesional. Namun jika kalian tidak memiliki dana, kalian bisa menggunakan subdomain dari blogger ini. Biasanya berakhiran blogspot.com.

Dan dari segi keamanan data serta kecepatan data server. Jangan diragukan lagi, karena platfrom ini milik perusahaan raksasa Google. Sehingga keamanannya terjaga dengan baik, serta kecepatan server yang benar-benar baik.

Kelemahannya adalah pada template yang tidak terlalu banyak tersedia diluar sana. Tetapi kalian bisa menggunakan template berbayar, mulai dari RP. 100.000 sampai dengan Rp. 350.000. Tergantung dari tampilan dan segi kerumitan dalam pembuatan template.

Selain itu, tidak adanya plug ini yang menunjang optimasi, sehingga kalian benar-benar harus paham terkait SEO jika menggunakan platfrom ini.

Untuk membuatnya kalian bisa membaca "Cara Membuat Landing Page Di Blogspot Gratis Dan Mudah".

Google Sites

Jenis CMS: Google Sites

Googele Sites masih merupakan platfroam dari Google. Keunggulannya sudah pasti terdapat pada kecepatan data serta keamanan yang benar-benar terjamin.

Google sites ini juga terintegrasi dengan tools dari Google, seperti Google Doc, Google Drive, Google Maps, dan juga youtube. Jadi kalian bisa dengan mudah menggabungkan keseluruhan tools dengan platfrom Google ini.

Namun platfrom yang satu ini sangat sulit terindex oleh dalam mesin pencari Google. Jadi kalian cukup sulit jika menggunakan platfrom yang satu ini untuk keperluan blog kalian.

WordPress

Jenis CMS: WordPress

WordPress merupakan platfrom CMS yang banyak diminati dan digunakan oleh para pembuat web blog. 40% pembuatan blog dan website lain menggunakan platfrom ini. Bahkan media besar seperti BBC America, TechCrunch menggunakannya.

Karena banyaknya pengguna, sudah bisa dipastikan kalian sangat mudah menemukan tutorial penggunaannya. Hal yang menarik lainnya adalah banyak sekali plug in yang menunjang SEO, sehingga kalian bisa mudah dalam mengoptimasinya.

Strikingly

Jenis CMS: Strikingly

Strikingly memiliki tampilan yang sangat mudah diatur, fitur yang menarik adalah drag-n-drop. Jadi kalian tidak bisa mengabaikan platfrom CMS ini.

Pada platfrom ini juga memiliki hosting yang gratis, sehingga kalian tidak dipusingkan dengan mahalnya harga sewa hosting. Sub domain juga sudah disediakan jika kalian tidak memiliki dana untuk menyewa domain.

Namun terakhir kami menggunakan platfrom ini, memang agak sulit untuk terindex dimesin pencari Google. Sehingga saran kami, gunakan platfrom yang satu ini sebagai platfrom kedua saja. Karena sub domain yang diberikan memiliki Domain Authority yang lumayan besar.

Wix

Jenis CMS: Wix

Wix ini merupakan platfrom CMS yang menarik untuk kami bahas. Sama dengan Strikingly, platfrom yang satu ini tidak mermelukan hosting serta kalian juga mendapatkan subdomain yang memiliki authority yang lumayan besar.

Namun sulit untuk terindex oleh mesin pencari Google. Jadi kalian bisa gunakan ini sebagi platfrom ke-2 yang menunjang blog utama kalian.

Tahapan Dalam Membuat Web Blog Untuk Pemula

Setelah kalian memahami apa itu web blog, sejarah tentang web blog sampai dengan platfrom CMS yang bisa digunakan untuk membuat blog. Saatnya kini kalian memahami bagaiman langkah dalam membuat blog yang baik dan benar.

Tentukan Niche Atau Topik Dari Blog

Niche atau topik pada blog ini sangat penting. Karena banyak sekali yang salah dalam memilih topik pembahasan untuk blognya yang membuat bingun dalam penulisannya, bahkan tidak sedikit yang berhenti setelah mencapai titik buntu dalam topiknya.

Sehingga saran dari kami adalah pilih topik yang benar-benar kalian kuasai atau pilihlah topik yang kalian minati. Dengan topik yang kalian kuasai, kalian tidak akan mendapatkan titik buntu dalam mengelola blog kalian. Sedangkan topik yang kalian minati, akan membuat kalian asik dalam mengelola blog, karena kalian bisa sekalian belajar sambil mengelola blog.

Selain itu kalian juga harus mempertimbangkan tingkat popularitas dari niche yang kalian pilih. Jangan sampai niche kalian memiliki popularitas yang cinderung turun. Untuk itu pentingnya riset dalam menentukan niche kalian ini.

Kalian juga harus mempertimbangkan niche kalian dengan peluang keuntungannya. Karena tujuan utama kalian adalah menjadikan artikel kalian menjadi mesin pencetak uang bukan.

Tentukan CMS Yang Akan Digunakan

Paltfrom CMS juga memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini. Pilihlah platfrom yang mudah terindex oleh mesin pencari, karena untuk mendapatkan pengunjung tentu artikel kalian harus muncul di mesin pencari. Bahkan jika memungkinkan masuk pada halaman pertama mesin pencari sangatlah baik.

Pahami Search Engine Optimization

SEO atau Search Engine Optimization adalah metode yang digunakan untuk mengoptimalkan konten kalian pada mesin pencari. Ini sangat penting untuk kalian pahami dan pelajari, agar kalian bisa menduduki peringkat pertama pada mesin pencari.

Keuntungan kalian bisa menduduki pada peringkat pertama adalah memudahkan artikel kalian ditemukan oleh pengunjung dan tentu akan mendatangkan trafik.

Kalian harus memahami tentnag cara meriset keyword, menganalisa kompetitor dan lainnya. Kalian juga harus pahami bagaimana algoritma mesin pencari bekerja.

Buatlah Artikel Pilar Dan Artikel Pendukung

Bagi kalian yang baru terjun di dunia blog, pasti asing dengan istilah artikel pilar dan artikel pendukung. Artikel pilar adalah artikel yang menunjang kalian memasukan semua kata kunci, baik itu kata kunci utama ataupun kata kunci turunan.

Sedangkan artikel pendukung adalah artikel yang menunjang kata kunci turunan pada artikel pilar serta penjelasan terperinci tentang artikel pilar tersebut.

Sebagai contoh, kalian membuat blog dengan niche wisata, kalian buatlah artikel pilar yang menyebutkan semua tempat wisata dan berikan penjalasan singkatnya, lalu kalian buat artikel pendukung yang menjelaskan tempat wisata yang disebutkan pada artikel pilar.

Perhatikan Struktur Internal Link Optimization

SILO atau Struktur Internal Link Optimization menjadi hal yang sangat penting dalam SEO. Kalian harus memperhatikan link dalam artikel kalian, tag artikel serta tata cara penulisan yang ramah mesin pencari dan ramah pembaca. Jangan sampai kalian membangun web blog dengan asal-asalan dan tidak terstrukur. Karena ini akan mempersulit kalian dalam mengoptimasinya.

Buatlah Artikel Secara Rutin Dan Terjadwal

Setelah kalian membuat sebuah blog, kalian tidak bisa meninggalkannya begitu saja. Kalian harus mengembangkannya dan mengelolanya secara berkala dan terjadwal. Karena blog yang tidak diperbaharui akan terhantikan oleh blog lain yang terus diperbaharui. Sehingga kalian akan kehilangan pengunjung.

Daftarkan Di Search Consule

Search Consule adalah cara kalian untuk memasukan web blog pada mesin pencari. Kalian bisa mendaftarkan pada Google Search Consule untuk mendaftar di Google, Bing Web Master Tools untuk mendaftarkan web blog kalian di Bing dan Yahoo.

Daftarkan Ke Penyedia Iklan

Setelah blog kalian memiliki banyak pengunjung, saatnya kalian menjadikannya mesin pencetak uang. Sebenarnya banyak cara yang bisa kalian gunakan untuk menghasilkan uang dari blog. Seperti menjadi affiliasi, tempat penanyangan iklan dan lain sebagainya. Namun, cara yang paling mudah adalah dengan mendaftarkan sebagai publisher iklan.

Banyak situsnya yang menyediakan layan publisher ini, seperti Google Adsense, AdNow, AdsTerra, PopAds dan lainnya. Kalian bisa mendaftar dan memonetisasi blog kalian disana.

Bangun Jaringan PBN

PBN atau Private Blog Network adalah sebuah metode pembangunan jaringan blog secara pribadi. Ini sangat penting, karena akan meningkatkan authority atau kepercayaan mesin pencari terhadap blog kalian. Terutama blog baru.

Secara logika, kalian anggap blog baru kalian adalah anak kecil dan kalian adalah mesin pencari. Apakah kalian akan percaya begitu saja dengan perkataan anak kecil? Tentu jawabannya adalah tidak bukan?

Namun berbeda, jika ucapan anak kecil itu banyak yang membahasnya, bahkan media besar ikut membahasnya, kalian pasti akan percaya. Begitu juga dengan mesin pencari. Karena mesin pencari dibuat oleh manusia, jadi kita harus berperan menjadi mesin pencari untuk memahaminya.

. . . 

Itulah cara membuat web blog mulai dari nol sampai dengan menghasil uang yang bisa SEO Online Terpercaya berikan.

Ini merupakan tahap awal dalam kalian membuat blog. Langkah selanjutnya kalian harus meningkatkan trafik ke web blog yang sudah kalian buat. Untuk langkahnya kalian bisa membaca "Rahasia Blog! Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog".

Jika ada pertanyaan kalian bisa tuliskan dalam komentar, dan jika terdapat kritik serta saran yang membangun, kalian juga bisa tuliskan dikolom komentar. Terima Kasih.

Halo, perkenalkan saya adalah Penulis SEO Online Terpercaya. Saya adalah seorang ahli dalam bidang SEO dan digital marketing dengan pengalaman yang luas. Dalam dunia yang terus berkembang dan kompeti…

Posting Komentar

© SEO Online Terpercaya. All rights reserved. Developed by Jago Desain