Perbedaan Akun Gmail Bisnis Dan Pribadi Serta Cara Membuatnya

Perbedaan akun gmail bisnis dan pribadi, serta cara membuatnya. Agar kalian tidak salah dalam memilih alamat emal Google ini.
Perbedaan Akun Gmail Bisnis Dan Pribadi

Perbedaan Akun Gmail Bisnis Dan Pribadi - Layanan Google mail memiliki dua jenis, yaitu gmail bisnis dan gmail pribadi. Bagi kalian yang belum mengetahuinya pasti akan bingung harus memilih yang mana.

Padahal dari segi fungsi, fitur dan lainnya jelas ini berbeda. Pada artikel kali ini kami akan membahas perbedaan dari akun gmail pribadi dan akun gmail bisnis atau biasa disebut juga dengan Suite Gmail, serta cara membuatnya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut:

Pengertian Email

Sebelum kita membahas perbedaanya, kami akan jelaskan sedikit tentang email. Email atau yang memiliki arti Electronic Mail adalah sebuah layanan yang dikhususkan untuk mengirim surat secara elektrinik. Sehingga kalian tidak perlu lagi menggunakan amplop, prangko dan juga kertas untuk menulis surat.

Pengertian Gmail Bisnis Dan Pribadi Serta Perbedaannya

Setelah kalian mengetahui pengertian dari email, sekarang kita akan bahas pengertian dari gmail bisnis dan gmail pribadi serta perbedaanya.

Pengertian Gmail Bisnis

Akun gmail bisnis atau biasa disebut dengan Suite Gmail adalah sebuah layanan dari Google yang berbasi email, ini digunakan untuk mengelola keperluan bisnis kalian, jadi fitur yang disediakan juga lebih mengarah pada fitur-fitur pendukung bisnis.

Pengertian Gmail Pribadi

Sama dengan gmail bisnis, gmail pribadi adalah sebuah layanan yang diberikan dari Google dengan basis email, namun ini digunakan untuk keperluan pribadi. Sehingga tidak terdapat banyak fitur didalamnya. Dan biasanya akun ini digunakan untuk keperluan mengelola emal dan menggunakan layanan Google lainnya.

Perbedaan Gmail Bisnis Dan Gmail Pribadi

Jika kalian perhatikan dari pengertiannya sebenarnya sudah terdapat perbedaan yang sangat jelas. Namun untuk lebih spesifiknya adalah sebagai berikut:

  • Segi harga, layanan gmail pribadi gratis, tanpa ada biaya tambahan. Sedangkan untuk suite gmail memiliki beberapa fitur yang mengharuskan kallian membayarnya.
  • Segi pengelolaan, layanan gmail priadi hanya memiliki satu pengeloala akun saja. Sedangkan untuk suite gmail, kalian bisa menambahkan pengelolanya. Sehingga fitur gmail bisnis ini bisa kalian gunakan untuk mengkordinasikan para karyawan kalian.
  • Segi penamaan email, akun gmail pribadi memiliki nama yang permanen, yaitu berakhiran @gmail.com. Sedangkan untuk suite gmail, kalian bisa menggantinya sesuai dengan domain dari website perusahaan kalian.
  • Segi penyimpanan, pada gmail pribadi kalian diberi penyimpanan sebesar 15GB. Sedangkan untuk suite gmail kalian diberi 30GB, bahkan kalian bisa menaikan level dan mendapatkan penyimpanan sebesar 1TB.
  • Segi layanan, gmail bisnis tidak memiliki layanan suport yang baik, jadi saat kalian membutuhkan sesuatu akan lama pemprosesannya. Namun kalian tetap bisa menggunakan layanan Google yang lainnya. Sedangkan untuk gmail bisnis memiliki suport yang baik, tergantung dari level suite gmail.

Cara Membuat Akun Gmail Bisnis Dan Pribadi

Setelah kalian memahami tentang perbedaan dari gmail bisnis dan pribadi, tentu sekarang kalian sudah bisa memilih mana yang kalian butuhkan saat ini. Berikutnya kami akan memberikan cara membuat akun gmail bisnis dan pribadi.

Cara Membuat Akun Suite Gmail

Cara Membuat Gmail Bisnis Atau Google Suite

Jika kalian membutuhkan gmail untuk mengelola bisnis kalian, tentu gmail bisnis ini menjadi hal yang dibutuhkan. berikut cara membuat gmail bisnis untuk mengelola perusahaan kalian.

  1. Pergi kealamat gsuite.google.com atau bisa dengan workspace.google.com.
  2. Lalu klik Mulai Uji Coba Gratis.
  3. Kalian akan masuk pada from Mari Kita Mulai.
    • Nama Bisnis: Isikan dengan brand ataupun nama bisnis kalian.
    • Jumlah Karyawan, termasuk Anda: Kalian bisa memilih salah satu pihan yang sesuai dengan jumlah karyawan kalian.
    • Wilayah: Pilih negara yang sesuai dengan letak dari bisnis kalian.
  4. Jika sudah terisi dengan benar, kalian klik Berikutnya. Kalian akan diarahkan kembali pada from Apa info kontak Anda.
    • Nama Depan: Isikan dengan nama denpan kalian.
    • Nama Belakang: Isikan dengan nama belakang kalian. Jka suku kata terdapat lebih dari dua kata, kalian bisa taruh disini dua suku kata atau lebih dari nama belakang kalian.
    • Alamat Email saat ini: Isi dengan alamat email kalian yang aktif saat ini.
  5. Jika sudah terisi semua klik Berikutnya. Kalian akan diarahkan pada pertanyaan, Apakah Bisnis Anda Memiliki Domain. Kalian bisa memilih ya, saya memiliki domain yang dapat digunakan. Jika tidak memiliki domain kalian bisa memilih Tidak, saya memerlukan domain.
  6. Jika kalian memilih tidak, maka kalian akan diarahkan untuk membeli domain. Jika kalian memilih ya, kalian akan diarahkan pada from Apa nama domain bisnis Anda. Kalian bisa isi domain dari perusahaan tanpa https dan www.
  7. Jika sudah diisikan dengan domain kalian, kalian bisa klik berikutnya. Kalian akan diarahkan kembali pada from pernyataan, Gunakan domain ini untuk menyiapkan akun. Jika kalian setuju kalian klik berikutnya.
  8. Kalian akan diarahkan kembali pada from pilihan, Selalu dapatkan info terbaru. Kalian bisa pilih oke jika membutuhkan, dan pilih lain kali jika memang tidak membutuhkannya.
  9. Kalian akan diarahkan pada from pilihan, Beritahu pengguna. Kalian bisa pilih oke jika pengguna email ini lebih dari satu. Namuan kalian juga bisa pilih lain kali jika memang tidak ada pengguna lainnya.
  10. Kalian akan dibawa pada from Cara anda masuk.
    • Nama Pengguna: isikan nama pengguna dari email kalian. Email kalian akan secara otomatis akan mendapatkan akhiran dari domain perusahaan.
    • Sandi: Isikan pasword dengan kode unik yang kalian mudah hapal, namun jangan sampai banyak orang yang mengetahuinya.
    • Klik i'm not robot: Untuk memastikan bahwa kalian bukan robot.
  11. Jika sudah terisi semua dengan benar. Kalian bisa klik setuju dan lanjutkan.

Maka Kalian sudah bisa menggunakan suite google ini. Sangat mudah bukan.

Cara Membuat Akun Gmail Pribadi

Cara Membuat Gmail Pribadi

Sedangkan untuk kalian yang hanya membutuhkan akun email untuk keperluan pribadi, kalian bisa membuat gmail pribadi ini. Berikut cara membuat akun gmail pribadi.

  1. Buka halaman www.gmail.com.
  2. Lalu klik Buat Akun, dan pilih untuk diri sendiri.
  3. Kalian akan masuk dalam from pengisian Buat Akun Google. Isikan semu from datanya.
    • Nama Depan: Isikan dengan nama depan kalian.
    • Nama Belakang: Isikan dengan nama belakang kalian, jika nama kalian lebih dari dua suku kata, maka masukan dua atau lebih suku kata disini.
    • Nama Pengguna: Isikan nama yang akan menjadi alamat email kalian.
    • Sandi: Isikan dengan kode unik yang mudah dihapal oleh kalian namuan tidak mudah ditebak orang lain.
    • Konfirmasi: Ulangi dengan kode unik pada sandi.
  4. Jika sudah, maka Klik tombol Berikutnya. Kalian akan diminta untuk memasukan no. telp. Masukan no. telp yang aktif. Setelah itu klik Berikutnya.
  5. Kalian akan dikirimi pihak Google kode verifikasi. Kalian bisa masukan kode verifikasi dan Klik Berikutnya.
  6. Setelah itu, kalian akan dibawa pada sebuah from. Isi data tersebut dengan benar.
    • Alamat Email Pemulih: Isi dengan alamat email aktif, jika ada.
    • Tangga Kelahiran: Kalian bisa isi dengan tangga, bulan dan tahun kelahiran.
    • Gender: Isikan dengan jenis kelamin.
  7. Jika sudah terisi dengan baik, klik Berikutnya. Dan kalian akan diminta untuk menyetujui privasi dan persyaratan dari gmail ini. Klik tombol Saya Setuju dibawah dari kolom ketentuan.

Maka email pribadi kalian siap digunakan. Kalian bisa gunakan email itu untuk menggunakan layanan Google lainnya, seperti blogger. google sites, google drive dan lainnya 

...

Itulah Perbedaan Akun Gmail Bisnis dan Pribadi serta cara membuatnya yang bisa SEO Online Terpercaya berikan. Layanan ini bisa kalian gunakan dengan gratis, mudah dan simpel.

Jika terdapat pertanyaan seputar artikel ini, kalian bisa tanyakan dikolom komenter. Dan jika ada kritik serta saran yang membangun, kalian juga bisa tulis dikolom komentar. Terima Kasih.

Posting Komentar