10 Tools Riset Keyword Gratis Dan Mudah Digunakan

Tools Riset Keyword Gratis Dan Mudah Digunakan, diantaranya: Google Keyword Planner, Google Trends, Goole Search Console, Ubersuggest, Semrush,
Tools Riset Keyword Gratis

Tools Riset Keyword Gratis - Kata kunci merupakan faktor utama dalam menentukan jumlah trafik yang akan kita dapat. Karena ini merupakan salah satu cara agar visitor blog cepat naik.

Maka dari itulah, sangat penting untuk kita meriset keyword. Dan untungnya, sudah banyak tools yang bisa membantu kita dalam meriset kata kunci. Seingga kita bisa lebih efektif dalam melakukan riset keyword.

Sehingga artikel yang kita buat menjadi SEO Friendly dan mudah mendudukin halaman pertama Google, dan yang pasti akan mendatangkan trafik yang cukup baik.

Namun, kalian tidak perlu kawatir akan harga dari keword tools ini. Karena dari yang berbayar, ternyata ada yang gratis juga. Tools apa saja itu? Berikut rangkuman tools untuk riset keyword gratis yang mudah digunakan.

10 Tools Riset Keyword Gratis Terbaik Dan Mudah Digunakan

Jika kalian memilih tools untuk meriset kata kunci, pastikan tools itu bisa membantu kalian dalam meningkatkan kualitas SEO kalian. Sehingga artikel yang kalian hasilkan akan diterima mesin pencari dan mendapatkan posisi terbaik.

Berikut 10 rekomendasi tools riset keyword gratis yang kami berikan:

Google Treds

Google Trends

Google treds merupakan salah satu platfrom buatan Google. Platfrom ini cukup baik dalam meriset kata kunci. Bahkan kalian juga bisa meriset niche atau pembahasan web blog yang memiliki prospek yang baik.

Pada tools ini, kalian bisa mencari kata kunci yang sedang trends pada waktu tertentu. Jadi kalian bisa gunakan blog ini untuk keperluan mentukan niche blog, menentukan artikel yang akan dibuat, digital marketing dan lainnya.

Karena tools ini menampilkan data dari mesin pencari Google secara real time, sehingga kalian tidak perlu meragukan lagi data yang ada didalamnya. Dan yang pasti, kalian tidak perlu membayarnya untuk menggunakan tools ini.

Beberapa kelebihan dari tools ini adalah:

  • Terdapat fitur yang menfilter hasil dari pencarian berdasarkan zona wilayah.
  • Dapat menampilkan daftar topik yang sedang trends atau hangat.
  • Terdaapat grafik yang menampilkan perkembangan topik dari waktu ke waktu.
  • Tampilan yang mudah digunakan, baik itu navigasinya ataupun fitur yang disajikan.
  • Topik dan kata kunci cukup relevan.
  • Bisa membandingkan topik dan kata kunci lebih dari dua sekaligus.
  • Menampilkan data keyword bersumber dari Google Search, Google Images, Google News, Google Shopping dan juga Youtube.

Dengan kelebihan yang diberikan itu, kalian bisa meriset kata kunci lokal, sesuai dengan lokasi tertentu. Dan kalian bisa memilih kata kunci mana yang cocok dengan artikel yang akan kalian bahas.

Jika kalian ingin menggunakan Google Treds ini, Kalian bisa membaca artikel "".

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner

Masih dengan produk Google. Google Keyword Planner ini bisa membantu kalian untuk mendapatkan kata kunci yang akurat dan relevan. Sehingga kalian bisa menciptakan artikel yang SEO frendly.

Sebenarnya tools ini diperuntukan untuk kaliaan yang ingin memasang iklan di Google atau Google Ads. Namun, kalian bisa gunakan ini untuk keperluan lain, seperti menentukan kata kunci yang akan kalian gunakan untuk menulis artikel.

Terdapat dua fitur utama dalam Google Keyword Planner ini. Yaitu Get Search Volume and Forecast dan Discover New Keyword. Keduanya memiliki perbedaan dalam penggunaannya.

Pada Get Search Volume and Forecast, kalian bisa mendapatkan informasi tentang pencarian berbayar atau paid search dan kualitas dari keyword yang kalian bidik. Sehingga fitur ini sangat cocok untuk kalian yang ingin beriklan di Google.

Sedangkan untuk fitur Discover Ney Keyword kalian bisa mencari kata kunci beserta turunan dari kata kunci yang kalian cari. Kalian akan mendapatkan data-data dari persaingan untuk kata kunci yang kalian cari, beserta bit yang diberikan oleh pengiklan. Sehingga kalian bisa menilai cost per click.

Jika kalian tertarik dan ingin menggunakan Google Keyword Planner ini, kalian bisa membaca "".

Google Search Console

Google Search Console

Bagi kalian yang sudah membuat blog, tentu tidak akan asing dengan Google Search Console ini. Tools buatan Google ini dikhususkan untuk para pengelola website. Banyak fitur yang disediakan untuk para web master. Mulai dari data pengunjung web, posisi artikel, sampai dengan kata kunci yang berada pada website kalian.

Fitur kata kunci ini terdapat pada Performence dan sub bab Queries. Didalam Queries ini kalian bisa mendapatkan informasi berupa jumlah klik dari pencarian, impression atau tayangan, Click Through Rate atau perbandingan antara tayangan dan klik.

Dengan data ini, kalian bisa memanfaatkan untuk memperbaiki artikel dan menekankan kata kunci tersebut pada artikel yang terkait. Sehingga kalian bisa mendapatkan posisi yang terbaik dimesin pencari Google.

Google Search Engine

Google Search Engine

Langkah sederhana dalam meriset kata kunci adalah langsung pada Google Search Engine. Karena pada Google Search Engine kalian bisa mendapatkan rekomendasi kata kunci turunan pada kolom pencariannya. Serta terdapat rekomendasi kata kunci turunan pada bagian bawahnya.

Namun, pastikan riwayat perncarian selalu bersih, agar hasil rekomendasinya tidak terkait dengan riwat pencarian. Atau kalian bisa merisetnya dengan Incognito Mode atau mode samaran.

Keyword Intent IO

Keyword Intent IO

Keyword Inten IO bisa kalian akses melalui halaman websitenya keywordintent.io. Dengan kemudahan dalam mengaksesnya, serta kelenhkapan data yang disajikan tools yang satu ini bisa kalian jadikan tools riset keyword yang baik.

Kalian cukup memasukan kata kunci, pilih kategori pencarian, bahasa dari kata kunci, negara yang dituju dan terakhir klik submit. Maka akan mucul kata kunci yang kalian bidik lengkap dengan data dari turunan kata kunci, jumlah pencarian, persaingan kata kunci, pembayaran yang diterima dari klik yang didapat, serta rata-rata bid yang ada dalam mesin pencari.

Fitur yang menarik adalah kalian bisa mengelompokan pencarian sesuai dengan jumlah kata pada kata kunci, sehingga sangat berguna untuk kalian mendapatkan turunan kata kunci yang minim persaingan namun memilki volume pencarian. Selain itu juga terdapat fitur pengelempokan sesuai dengan jumlah visitor dan lainnya.

Keyword Tools IO

Keyword Tools IO

Keyword Tools IO bisa kalian akses melalui halaman websitenya keywordtool.io. Hampir sama dengan tools sebelumnya yaitu keyword Intent IO. Namun kelemahannya tidak bisa melihat volume pencarian serta persaingan pada mode gratisnya.

Namun kalian bisa menggunakan untuk mencari kata kunci turunan, karena kata kunci yang ditampilkan lebih berfarisasi, serta kalian bisa mencari untuk search engine lainnya, seperti bing, amazon, youtube dan lainnya.

SEMRush

SEMRush

SEMrush merupakan perusahaan yang asal Amerika yang bergerak dibidang tools SEO. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2008, sehingga kalian tidak perlu meragukan lagi tools yang mereka sajikan.

Kalian hanya perlu mengakses halaman Keyword Magic Tool untuk mulai meriset kata kunci bidikan kalian. Namun sayangnya, untuk versi gratisnya banyak fitur yang terkunci, selain itu kalian hanya bisa meriset sampai dengan 3 kata kunci perharinya di versi gratisnya ini.

Ubersuggest

Ubbersuggest

Ubersuggest ini merupakan besutan dari Neil Patel. Tools dari Ubersuggest sudah terkenal dalam dunia SEO, sehingga kalian tidak perlu lagi meragukannya. Kalian bisa mengakses halaman Keyword Analyzer pada website ubersugest untuk memulai meriset kata kunci.

Pada halaman Keyword Analyzer ini, terdapat empat fitur utama yang bisa kalian ambil datanya sebagai pembanding kata kunci. Yaitu:

  • Keyword Overview. Pada bagian ini bersikian data seputar:
    • Jumlah pencarian atau search volume dari kata kunci yang kalian bidik perbulannya.
    • Tingkat kesulitan kata kunci atau difficulty keyword dari persaingannya.
    • Perkiraan dari paid search atau iklan berbayar.
    • Bid dari Cost Per Click.Histori dari keyword bidikan kalian.
    • Hasil dari versi mobile dan desktop.
    • Dan lain lain.
  • Keyword Ideas. Dibagian ini kalian akan mendapatkan kata kunci turunan lengkap dengan Estimasi Visitor, CPC, SEO Difficulty dan lainnya. Sehingga kalian bisa mempertimbangkan kata kunci mana yang ingin kalian gunakan dan bisa memenangkan persaingannya itu.
  • Content Ideas. Pada vitur ini kalian akan mendapatkan daftar dari konten yang memenaangkan dipersaingan kata kunci yang kalian bidik. Data yang diberikan terbilang lengkap. Karena kalian bisa mendapatkan judul konten, url dari dari konten terkait, etimasi kunjungan, jumlah dari backlink artikel terkait serta jumlah dari sosial signal (share media sosial).
  • Keyword List. Dibagian ini khusus untuk kalian menyimpan kata kunci yang sudah kalian bidik, sehingga kalian bisa mempertimbangkan kata kunci-kata kunci tersebut.

Namun kembali lagi pada fitur yang diberikan di versi gratisnya. Banyak sekali fitur-fitur yang dibatasi di versi gratisnya ini. Untuk meriset kata kunci di Ubersuggest versi gratis ini, kalian hanya bisa menggunakannya sebanyak tiga kali dalam satu harinya.

LSI Graph

LSI Graph

Tools selanjutnya adalah LSI Graph. Tools ini sudah cukup dikenal dikalangan para pemain web blog, jadi besar kemungkinan tools ini memiliki fitur yang cukup valid.

Namun sayangnya pada versi gratisnya, kalian hanya bisa meriset kata kunci sebanyak delapan perharinya. Jadi gunakan tools ini dengan baik, agar bisa mendapatkan hasil yang baik, walau dengan versi gratisnya.

Keyword Shitter

Keyword Shitter

Tools yang terakhir dari rekomendasi kami adalah Keyword Shitter. Kami menyukai tools ini karena dapat mengumpulkan hingga ribuan kata kunci-kata kunci yang kalian bidik.

Namun kelemahan dari tools ini, data yang diberikan hanya kata kuncinya saja. Jadi kalian tidak bisa mendapatkan estimasi pencarian dan persaingan dari kata kunci yang kalian bidik.

Namun bukan berarti tools ini tidak berguna. Kalian bisa merangkai semua kata kunci yang ada menjadi kerangka tulisan dan mengembangkannya. Sehingga artikel yang kalian buat akan menjadi SEO friendly. Menarik bukan?

...

Itulah 10 Tools Riset Keyword Gratis dan Mudah Digunakan yang SEO Online Terpercaya rekomendasikan. Kalian bisa menggabungkan dengan beberapa tools, sehingga kalian bisa mendapatkan daftar yang valid.

Jika terdapat pertanyaan, silahkan kalian tuliskan dalam kolom komentar, kami akan berusaha menjawabnya. Dan jika terdapat kritik serta saran silahkan sampaikan pada kami dikolom komentar. Terima Kasih.

Halo, perkenalkan saya adalah Penulis SEO Online Terpercaya. Saya adalah seorang ahli dalam bidang SEO dan digital marketing dengan pengalaman yang luas. Dalam dunia yang terus berkembang dan kompeti…

Posting Komentar

© SEO Online Terpercaya. All rights reserved. Developed by Jago Desain