Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula?

Bagaimana Cara Memulai bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis online.
Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula?

Cara memulai bisnis online menjadi hal yang sering ditanyakan, terutama untuk para pemula. Padahal berbisnis dengan media online sangat mudah dan bisa dipelajari oleh siapapun. Bahkan kalian bisa menjadi sukses dalam berbisnis online, asalkan tahap yang dilakukan tepat.

Pada artikel ini kami akan menjawab pertanyaaan yang sering ditanyakan oleh para pembisnis yang baru terjun dibidang bisnis online ini, yaitu Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula?

Dalam memulai bisnis online, tentu ada tahapan yang harus dilakukan. Kami membaginya dalam empat tahapan utama yang harus dikerjakan oleh kalian, para pembisnis online pemula.

Temukan Sebuah Masalah Yang Ada Di Pasaran

Jika Kalian berperan menjadi konsumen, hal yang pertama kali muncul dalam pikiran kalian adalah sebuah produk yang bisa menyelesaikan masalah kalian bukan? Hal itu juga yang terjadi calon oleh konsumen-konsumen kalian.

Jadi pastikan kalian menciptakan produk sesuai dengan yang diperlukan oleh pasar, sehingga kalian memiliki potensi besar dalam memperoleh penjualan.

Jadi pastikan hal yang pertama kali kalian pikirkan adalah apa masalah yang dihadapi oleh calon konsumen kalian dipasaran? Dan Apakah produk yang kalian ciptakan bisa menyelesaikan masalah calon konsumen kalian?

Dalam penelitian CBS Insight, terdapat 42% perusahaan bangkrut, ini dikarenakan mereka gagal dalam memahami kebutuhan pasar sehingga produk mereka tidak bisa menyelesaikan masalah konsumen-konsumen mereka.

Agar itu tidak terjadi kalian bisa mencoba menganalisa masalah pasar dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini:

Masalah Apa Yang Di Hadapi Calon Kunsumen?

Langkah yang pertama dalam kalian memulai bisnis online adalah mencari masalah para calon konsumen kalian. Kalian harus bisa mencari dan mengidentifikasi masalah calon konsumen kalian.

Kalian tidak perlu takut dengan tidak mendapatkan masalah yang dihadapi calon konsumen kalian. Karena pada dasarnya terdaapat ratusan atau bahkan ribuan masalah yang ada dipasaran.

Semisal kalian melakukan observasi dan mendapatkan banyaknya kaos yang dijual dipasaran, namun hanya sedikit desain kaos yang bertemakan dakwah. Tentu ini menjadi masalah untuk para pemuda muslim bukan? Kalian bisa menjadi penjual kaos dengan desain keren tentang kata-kata dakwah.

Mana Saja Yang Bisa Menjadi Tempat Observasi?

Jika selama ini kalian hanya mengandalkan asumsi kalian sendiri, tentu itu hal yang sangat salah. Karena banyak sekali tempat yang bisa kalian gunakan untuk meriset masalah, seperti Search Engine Google, Media Sosial, Forum Review, Marketplace dan lainnya.

Semua itu bisa kalian gunakan untuk meriset masalah pasar, sehingga kalian bisa mendapatkan data yang cukup untuk membuat produk terkait dengan masalah pasar yang kallian targetkan.

Jika itu masih kurang, kalian bisa melakukan survey secara langsung kepada calon pembeli terkait masalah yang mereka hadapi. Sehingga kalian bisa membuat produk yang lebih sempurna dari pesaing kalian nanti.

Apakah Bisnis Kalian Berpeluang?

Dara pertanyaan-pertanyaan diawal tadi, tentu kalian sudah mendapatkan banyak sekali masalah-masalah pasar yang dihadapi oleh para calon pembeli bukan?

Namun, tidak semua masalah itu berpotensi untuk dijadikan bisnis. Kalian harus bisa mensleksi masalah-masalah yang ada. Pilihlah masalah yang berpotensial dan kalian bisa memecahkan masalah itu dengan produk kalian nantinya.

Lakukan Riset Pasar

Jika pada proses pertama kalian sudah lakukan dan kalian sudah mendapatkan satu masalah yang bisa berpotensi menjadi bisnis, tahap selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah mulai meriset pasar.

Mengapa riset pasar merupakan bagian terpenting dari bagian pemasaran? Karena hal ini menjadi salah satu cara yang paling untuk kalian lakukan sebelum kalian menentukan ide dalam bebisnis online dan melakukan pemasaran.

Kalian tentu sangat membutuhkan data yang bener-benar objektif bukan? Dengan kalian melakukan riset pasar, kalian akan mendapatkan data-data tersebut. Sehingga kalian tidak asal dalam mengambil keputusan, semua keputusan itu didasari dengan data yang objektif, bukan hanya sekedar asumsi saja.

Lalu apa saja yang perlu dilakukan dalam meriset pasar? Untuk meriset pasar kalian bisa melakukan beberapa tahapan berikut.

Meriset Trends

Hal yang paling mudah adalah dengan meriset trends. Kalian bisa menggunakana mesin pencari Google untuk melakukan riset ini. Dari data ini kalian bisa mendapatkan beberapa kata kunci yang sering digunakan oleh calon pembeli dalam mesin pencari untuk menyelesaikan masalah mereka.

Meriset Di Media Sosial

Selain search engine Google, tempat yang bisa kalian gunakan untuk mengecek masalah dari calon pembeli kalian adalah sosial media. Karena sosial media sering digunakan untuk mereka meluapkan kekecewaan dan banyak dari mereka juga yang menuangkan review dari produk yang mereka gunakan dalam memecahkan masalah mereka.

Meriset Di Forum

Tempat yang terakhir harus kalian kunjungi adalah forum. Biasanya terdaapat forum atau group yang dibuat untuk membahas produk tertentu. Kalian bisa masuk kesana dan melihat apakah produk-produk dipasaran sudah dapat memecahkaan masalah mereka atau belum?

Menganalisa Kompetitor

Hal yang tidak kalah penting dari semua proses diatas adalah melihat dan menganalisa produk dari kompetitor kalian. Karena untuk mengalahkan kompetitor, kalian harus mempelajari produk mereka.

Carilah data-data terkait dengan harga produk mereka, kualitas produk mereka, sampai dengan kelemahan dari produkk-produk mereka. Sehingga kalian bisa unggul didepan mereka.

Kalian bisa membagi mereka menjadi 3 bagian.

Kompetitor Utama

Kompetitor utama adalah mereka yang memiliki bisnis dengan target pasar yang sama persis dengan kalian. Kompetitor ini wajib kalian cari titik lemah dari produk mereka, sehingga kalian bisa mendapatkan kesempatan untuk berada didepan mereka.

Kompetitor Sekunder

Kompetitor sekunder adalah mereka yang memiliki bisnis yang sama namun dengan target yang berbeda. Semisal kalian memiliki bisnis penyewaan villa, kompetitor sekunder kalian adalah hotel dan guest house.

Kompetitor Tersiser

Kompetitor tersier adalah mereka yang tidak terjun dalam memasarkan produk mereka namun mereka memproduksi produk yang sama. Semisal kalian membuak fashion kaos dakwah, kompetitor tersier kalian adalah pabrik kaos.

 

Dengan mengelompokan semua itu, kalian bisa lebih memfokuskan pada kompetitor mana yang harus dikalahkan lebih dahulu. Sehingga fokus kalian tidak pecah dan tidak salah dalam mengambil keputusan.

Carilah Model Bisnis Yang Seusai

Tahapan cara memulai bisnis online bulum selesai sampai dengan meriset pasar saja. Karena kalian juga harus menentukan model dari bisnis yang akan kalian jalankan. Mungkin kalian pernah menemukan pelaku bisnis menjual produk yang sama, namun cara yang mereka lakukan berbeda-beda.

Ok, agar tidak bingun kami berikan contoh. Anggap saja kalian menjual kaos dengan dengan desain dakwah. Jika kalian memiliki modal yang cukup, kalian bisa membangun website marketpleace sendiri dan memasang iklan di Google Ads dan Youtube Ads atau media sosial seperti Facebook Ads atau Instgram Ads.

Namun untuk kalian yang tidak memiliki modal yang cukup, kalian bisa berjualan dimarketplace umum seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya, lalu membuat web blog sebagai bahan iklan gratis kalian melalui metode SEO. Pilihlah sesuai kemampuan yang kalian miliki, sehingga bisnis online yang kalian jalankan akan maksimal.

 

Itulah 4 tahapan cara memulai bisnis online yang SEO Online Terpercaya bisa berikan. Mulailah berbisnis online sekarang juga. Semoga artikel ini menjawab pertanyaan Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula? Dan semoga artikel ini bermanfaat sebagai pembelajaran kita semua dalam berbisnis online.

Jika masih ada pertanyaan terkait dari artikel ini atau pertanyaan lain seputar bisnis online, tuliskan dalam kolom komentar dan sebisa mungkin kami jawab dalam artikel berikutnya. Terima Kasih.

Halo, perkenalkan saya adalah Penulis SEO Online Terpercaya. Saya adalah seorang ahli dalam bidang SEO dan digital marketing dengan pengalaman yang luas. Dalam dunia yang terus berkembang dan kompeti…

Posting Komentar

© SEO Online Terpercaya. All rights reserved. Developed by Jago Desain