Cara Membuat Landing Page Gratis Tanpa Coding

Cara membuat landing page gratis tanpa coding dengan menggunakan CMS Open Source dan juga sosial media, dengan mudah.

Cara Membuat Landing Page Gratis

Cara Membuat Landing Page Gratis - Semakin berkembangnya zaman membuat kita mudah dalam menciptakan dan berkreasi, salah satunya adalah membuat landing page. Di zaman sekarang, kalian tidak perlu mempelajari bahasa pemprograman berbasis web yang mendalam untuk membuat sebuah landing page sederhana.

Hal ini dikarenakan sudah banyak tersedia berbagai jenis platfrom CMS, mulai dari yang gratis sampai dengan yang berbayar. Content Managemen System atau yang disingkat CMS ini cukup membantu kita dalam membuat website dari yang kompleks hingga website sederhana seperti landing page.

Jika kalian belum mengerti tentang lading page, kalian bisa membaca "Apa Itu Landing Page? Dan Apa Ciri Ciri Landing Page?".

Namun, karena banyaknya CMS yang tersedia, terkadang membuat kita bingung dalam memilih CMS yang user friendly serta gratis. Untuk itu, dalam artikel kali ini kami akan membantu dalam memilih CMS gratis dan cocok untuk kalian gunakan dalam membuat landing page sederhana.

Blogspot

Cara Membuat Landing Page Di Blogspot

Blogspot, tentu sudah tidak asing ditelinga kita. Platfrom CMS besutan Google yang satu ini merupakan salah satu CMS yang sangat populer dikalangan para penulis media online.

Diawal kemunculannya, blogspot dirancang sebagai wadah penyebar berita online. Namun seiringnya jaman, CMS yang satu ini sering digunakan oleh para blogger untuk berbagi informasi secara online.

Selain itu, platfrom yang satu ini sering dijadikan sebagai platfrom untuk membuat web landing page. Bahkan tidak sedikit yang menggunakannya sebagai web profile perusahaan. Untuk mempertimbangkan CMS ini, kalian bisa lihat kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Blogspot

  1. Kalian akan diberikan kapasitas hosting 15 GB secara gratis. Tentu hal ini akan membantu kalian dalam menghemat pembayaran hosting setiap tahunnya bukan?
  2. Kalian akan mendapatkan sub domain dengan extensi .blogspot.com. Jika kalian ingin menggunakan domain sesuai dengan yang kalian inginkan, kalian biasa menggunakan fitur kostum domain.
  3. Kalian bisa mengganti dan merubah template sesuai dengan selera dan kebutuhan kalian. Jika kalian paham skrip XML kalian bisa membuat template sendiri.
  4. Tampilan User Friendly sehingga kalian tidak akan bingung dalam pembuatannya dan menentukan navigasi link.
  5. Karena ini milik Google jadi sudah dipastikan keamanan data yang baik.

Kekurangan Blogspot

  1. Tidak terdapat plugin yang membantu kalian dalam memaksimalkan pengunaanya, sehingga cukup sulit jika kalian baru terjun dalam web design.
  2. Penulisan artikel cukup terbatas dan kalian akan kurang leluasa, sehingga diperlukan website pihak ketiga untuk membantu kalian dalam membuat konten artikel.
  3. Untuk merubah tampilan yang lebih kompleks, kalian harus memahami bahasa pemprograman HTML, XML serta CSS. Jadi cukup sulit jika kalian tidak memahami hal dasar bahasa pemprograman tersebut.
  4. Dikarenakan ini merupakan platfrom CMS miliki Google, kalian harus mematuhi semua hal yang diberikan oleh pihak pengelola Google, baik berupa kebijakan, peraturan serta keputusan yang diambil sepihak oleh Google.

Cara Membuat Landing Page Di Blogspot Gratis

Itulah kelebihan dan kekurangan dari blogspot ini. Jika kalian tertarik, kalian bisa membaca "Cara Membuat Landing Page Di Blogspot Gratis Dan Mudah".

Wordpress

Cara Membuat Landing Page Di Wordpress

Wordpress, siapa yang tidak kenal dengan platfrom CMS ini. Platfrom yang satu ini menjadi CMS pertama yang sering digunakan dalam pembuatan website maupun landing page, bahkan mengalahkan Blogspot.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Terdapat kelebihan yang menarik perhatian para pembuat website maupun para konten kreator artikel atau yang disebut blogger. Untuk lebih jelasnya berikut ini kelebihan serta kekurangan dari Wordpress.

Kelebihan Wordpress

  1. Jika kalian ingin mencari platfrom dengan berbagai keperluan website, Wordpress bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena platfrom yang satu ini sangat fleksibel, kalian bisa sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari membuat Web Informasi, Web Profile, Web Landing Page sampai dengan Web Marketplace.
  2. Pada platfrom yang satu ini kalian bisa mengguakan semua fiturnya secara penuh. Bahkan kalian bisa mengatur dan memodifikaasinya sesuai dengan apa yang kalian inginkan dan kalian butuhkan.
  3. Dalam pembuatan artikel platfrom yang satu ini jika dilihat dari segi SEO tentu tidak perlu diragukan lagi. Karena banyak plugin yang membantu kalian dalam membuat artikel yang SEO Friendly, seperti YOAST.
  4. Bagi kalian yang masih baru dalam platfrom ini, tenang saja. Karena platfrom CMS ini mudah dipelajari. Bahkan sudah banyak forum online yang bisa kalian jadikan tempat bertanya jika menemukan kesulitan.
  5. Terdapat banyak plugin yang disediakan, sehingga kalian cukup dimanjakan oleh platfrom yang satu ini.

Kekurangan Wordpress

  1. Kontrol penuh yang diberikan Wordpress mengharuskan kalian berhati hati dalam bertindak karena bisa saja tindakan kalian malah merusak bahkan menghapus data yang sudah kalian buat. Bahkan kalian diharuskan membuat backupan sendiri, untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan atau kerusakan data.
  2. Biaya hosting harus kalian tanggung sendiri serta domain juga harus kalian siapkan. Karena platfrom yang satu ini tidak menyediakannya. Namun kalian masih bisa menggunakan platfrom Wordpress.com jika kalian ingin mendapatkan hosting gratis, tetapi hosting yang disediakan hanya 3 GB serta kalian tidak bisa menggunakan templat dan plugin dari luar, harus yang berada dalam Wordpress.com.

Cara Membuat Landing Page Di Wordpress

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk menggunakan platfrom yang satu ini? jika tertarik cara membuat landing page gratis dengan cms ini bisa kalian baca di "Cara Membuat Landing Page Di Wordpress".

Namun artikel itu berisikan tentang CMS Wordpress.com. Karena untuk tahap kalian belajar. Jika sudah mahir dan yakin, kalian bisa menggunakan platfrom Wordpress.org.

Google Sites

Cara Membuat Landing Page Di Goole Sites

Google Sites menjadi CMS yang bisa kalian gunakan juga dalam pembuatan landing page. Google Sites merupakan platfrom dari Google yang diciptakan untuk membuat website sederhana, sehingga kalian tidak perlu belajar bahasa pemprograman sama sekali.

Namun apakah hanya itu kelebihannya? Dan bagaimana kekurangannya? Untuk pertimbangan kalian, berikut ini kelebihan dan kekurangan pada Google SItes.

Kelebihan Google Sites

  1. Yang pertama seperti yang kami jelaskan diawal, bahwa platfrom yang satu ini sangat mudah digunakan bahkan untuk kalian yang tidak mengerti sama sekali tentang bahasa pemprograman berbasis web.
  2. Tampilan sederhana serta mudah diatur juga menjadi hal yang sangat menguntungkan untuk kalian yang ingin membuat landing page sederhana.
  3. Tampilan yang langsung menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan user memang menjadi ciri khas untuk platfrom Google, termasuk pada Google Sites ini. Kalian tidak perlu repot membuat dua web, karena platfrom ini akan merancang untuk kalian dalam setiap gadgetnya.
  4. Semua layanan ini akan kalian dapatkan tanpa kalian harus mengeluarkan biaya sedikitpun, alias gratis.

Kekurangan Google Sites

  1. Hal yang sering dikeluhkan oleh para pengguna Google SItes ini adalah susahnya masuk mesin pencari Google. Mungkin hal untuk mengindari spam dari para pengguna, namiun cukup merepotkan jika kita mengharapkan website kita bisa ditemukan mesin pencari.
  2. Kesederhanaan ini ternyata tidak selamanya baik, ini terlihat dari platfrom yang satu ini. Kalian tidak akan bisa berharap mendapatkan sebuah tampilan web yang terlihat mewah, karena kalian akan dibatasi dengan sedikit templat.
  3. Sulitnya kostum domain juga menjadi kendala yang cukup merepotkan. Kalian akan diberikan page path dari subdomain sites.google.com, jadi web atau landing page kalian tidak akan terlihat profesional.

Cara Membuat Landing Page Di Google Sites

Bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan dari platfrom Google ini? Apakah membuat kalian tertarik? Jika iya, kalian bisa membaca "Cara membuat Landing Page Di Google Sites".

 

Itu informasi tentang CMS yang bisa kalian gunakan dalam membuat landing page secara gratis. Sedangkan cara membuat landing page gratis bisa kalian baca pada artikel yang sudah kami berikan linknya. Karena jika kami bahas menjadi satu disini, tentu artikel ini bisa panjang sekali.

Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam menentukan plaatfrom mana yang cocok untuk kalian gunakan dan sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika ada pertanyaan, kalian bisa sampaikan di kolom komentar dan sebisa mungkin akan kami jawab. Terima Kasih.

Halo, perkenalkan saya adalah Penulis SEO Online Terpercaya. Saya adalah seorang ahli dalam bidang SEO dan digital marketing dengan pengalaman yang luas. Dalam dunia yang terus berkembang dan kompeti…

Posting Komentar

© SEO Online Terpercaya. All rights reserved. Developed by Jago Desain